Zaneta Naomi

Zaneta Naomi tengah berbahagia. Sebab, bakat dan kemampuan menyanyinya diakui David Foster. Pria dari Kanada itu adalah produser, pencipta lagu, sekaligus talent hunter yang telah mengorbitkan banyak penyanyi papan atas dunia.

NAMA Zaneta Naomi Sutrisna langsung menjadi bahan perbincangan setelah dirinya tampil bernyanyi dalam konser David Foster di Jakarta Convention Centre (JCC) pada 28 Oktober lalu. Gadis kelahiran Jakarta, 20 November 1998, itu mampu membuat suhu musik berjuluk The Hit Man tersebut berdecak kagum dan berseloroh ingin membawa Zaneta pulang usai dia menunjukkan kemampuannya di depan David.

"Siapa sih yang nggak senang bisa bernyanyi di depan David Foster," kenang Zaneta saat ditemui di rumahnya, di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis pekan lalu (1/12). "Saya sampai nervous karena terlalu excited," imbuh cewek yang mahir berbahasa Inggris tersebut.



Peristiwa yang tak akan dilupakan oleh Zaneta itu ternyata diawali dengan ketidaksengajaan.

Herawati, ibu cewek yang biasa disapa Neta tersebut, mengatakan, tiga bulan lalu guru vokal Neta, Lucky Tampilang, memberinya info bahwa Foster membuka audisi bernama Born to Sing Asia. Pemenang ajang itu mendapat peluang bernyanyi di konser Foster. Syaratnya, Herawati hanya perlu mengirimkan rekaman Neta menyanyikan lagu secara live.

Tak lama kemudian, mereka mengirimkan rekaman Neta menyanyikan Run to You, Ajari Aku, serta I Have Nothing ke manajemen Foster. Lama tak ada kabar, Neta dan keluarganya serta guru vokalnya lupa bahwa mereka pernah mengirim rekaman itu.

Sampai suatu hari, tepatnya 18 Oktober lalu, Herawati ditelepon seseorang yang mengaku dari manajemen Foster. Orang itu menyatakan bahwa Neta berhak ikut menyanyi dalam konser Foster tersebut.

Persiapan pun dilakukan dengan agak tergesa-gesa. Sebab, pengumuman itu disampaikan hanya selang sepuluh hari menjelang hari H konser Foster. Lagu pun telah dipilih dan Neta dilatih. Neta memantapkan diri akan menyanyikan lagu Run to You milik Whitney Houston, penyanyi favoritnya.



Satu hari sebelum konser, pihak Foster menelepon dan menyatakan bahwa lagu tersebut tidak bisa dinyanyikan karena akan dibawakan oleh Ashanti, penyanyi RnB yang turut tampil di konser Foster itu.
"Mereka bilangnya malam-malam. Kami akhirnya harus balik ke sanggar untuk melatih lagu lain. Kali ini yang dipilih adalah Without You (Air Supply dan Mariah Carey)," ujar Herawati.

Namun, ternyata ada perubahan lagu lagi yang membuat Neta stres berat. Apalagi, perubahan tersebut baru dikabarkan siang, ketika para pendukung acara melakukan geladi resik. Lagu yang harus dinyanyikan berjudul Listen. Liriknya sukses dihafalkan oleh anak tunggal Freddy Sutrisna dan Herawati itu hanya dalam tempo kurang dari tiga jam.

Kendati mengalami perubahan lagu, Neta tak menemukan hambatan ketika menampilkan lagu tersebut di depan sang master. "Sempat salah satu bait liriknya. Tapi, saya rasa, penonton nggak sadar," ucap Neta, lantas tersenyum.

Sukses membius dan membuat sekitar 3.500 penonton memberikan standing ovation tak lantas membikin Neta langsung mendapat sodoran kontrak dari pihak Foster. Saat ini pihak Neta tengah menunggu kontak lanjutan dari mereka. Kalau menang, bersama 14 finalis lain se-Asia dia akan tampil di Amerika.

Sembari menunggu kontak, Neta menata langkahnya di panggung musik tanah air. Sebelumnya, dia merilis mini album berisi lima lagu di bawah naungan Seven Music. Saat ini Neta menyelesaikan materi, kemudian merilis album penuh awal tahun depan.

Keluarga Neta menuturkan bahwa bakat menyanyi dan ketekunan Neta berlatih menyanyi baru terasa manisnya saat ini. Neta tak menampik anggapan bahwa kesempatan langka menyanyi diiringi Foster dan bandnya membuat namanya kian melambung. Sejumlah televisi swasta pun mengundang dia untuk tampil bernyanyi dan berduet dengan sejumlah penyanyi kenamaan, seperti Tompi di Trans7. Dibawah Ini Zaneta Menyanyi dalam Acara HItam Putih Duet dengan Budi Doremi.


Sebenarnya, berduet dengan penyanyi-penyanyi papan atas dilakukan oleh Neta sejak lama. Pada 2009, dia tampil bareng dengan Bob Tutupoli dan Ruth Sahanaya. Setahun kemudian, dia berduet dengan Vina Panduwinata.

Namun, penampilan yang menurut dia paling fenomenal terjadi ketika dirinya didaulat sebagai salah seorang pengisi acara closing ceremony SEA Games 2011 di Stadion Jakabaring, Palembang, 22 November lalu.

"Itu adalah kali pertama saya tampil di stadion dengan penonton puluhan ribu. Tegang banget. Apalagi, sound-nya tidak begitu bagus. Untung, saya bisa menyesuaikan sehingga fine fine saja sampai akhir," ungkap penyanyi yang juga punya hobi menari tersebut. Ketika itu dia menyanyikan lagu One Day in Your Life milik Michael Jackson.

Dia menjadi bagian dari pengisi acara. Selain dia, antara lain, ada Afgan, Agnes Monica, dan Ayu Tingting. Setelah tampil dalam upacara penutupan pesta olahraga antarbangsa Asia Tenggara itu, kian banyak undangan yang datang kepada Neta untuk menyanyi di televisi maupun off air.

Sejumlah media juga menghubungi dia untuk meminta waktu wawancara. Banyak orang di tempat umum yang mulai mengenal wajahnya. Sampai ada yang meminta foto atau tanda tangannya.

Kendati demikian, itu tak mengubah sikap dan keseharian siswi kelas VII Mahatma Gading International School tersebut. Neta tetap seperti anak seusianya yang penuh dengan keceriaan dan senang bermain dengan kawan-kawan sebayanya. Orang yang tidak pernah melihat dia menyanyi pasti tidak akan menyangka bakat besar yang terpendam di balik tubuh mungilnya.

Orang tua Neta berencana mendaftarkan anaknya itu ke sebuah program homeschooling tahun depan. Sebab, jadwal Neta semakin padat seiring dengan namanya yang semakin meroket. "Sebenarnya, berat harus meninggalkan teman-teman di sekolah. Tapi, mama ingin pendidikan dan karir menyanyi saya tidak terganggu. Jadi, saya akan ambil homeschooling," papar gadis yang ingin mengambil kuliah jurusan psikologi itu.

Menurut Herawati, pihak sekolah sebenarnya tak rela jika murid berprestasi mereka tersebut keluar. Bahkan, Herawati bilang, pihak sekolah rela memberikan dispensasi sesuai dengan kebutuhan Neta. Namun, absen berkali-kali malah akan membuat Neta sering ketinggalan pelajaran dan menyengsarakan Neta.

Sumber : JPNN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang MAU Komentar monggo silahkan....