Air

Hari neh Saya akan membahas tentang Air. Hal ini terinspirasi dari KTI My Sister Denia Simamora yang berjudul “ Penetapan Angka Lempeng Total Bakteri pada Air minum Isi Ulang di Kecamatan Sukarami Palembang Tahun 2011”. Thanks My Sister.

Air merupakan bahan penting bagi kehidupan makhluk hidup, karena makhluk hidup memerlukan air untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Secara umum fungsi air dalam tubuh setiap mikroorganisme adalah untuk melarutkan senyawa organik, menstabilkan suhu tubuh dan melangsungkan berbagai reaksi kimia tingkat seluler. Kita memerlukan air untuk masak, membersihkan diri dan minum. Keperluan sehari-hari terhadap air berbeda untuk setiap tempat dan untuk tiap tingkatan kehidupan, yang jelas semakin tinggi taraf kehidupan, semakin meningkat jumlah terhadap kebutuhan air. Keperluan air di Indonesia adalah rata-rata 60 liter per kapita, meliputi: 30 liter untuk keperluan mandi, 15 liter untuk keperluan minum dan sisanya untuk keperluan lainnya.

Air sangat penting bagi manusia, fungsinya bagi kehidupan tidak bisa digantikan oleh senyawa lain dan tidak ada satu pun kehidupan yang ada di dunia ini dapat berlangsung terus tanpa tersedianya air yang cukup. Bagi manusia, kebutuhan akan air mutlak, karena sebenarnya zat pembentuk tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, yang jumlahnya sekitar 70% dari bagian tubuh tanpa jaringan lemak. Mengonsumsi air yang bersih dan sehat merupakan cara hidup yang sehat dan menjaga diri agar tetap sehat.

Sumber-Sumber Air:

- Air Laut

- Air atsmosfer, air materiologik

-Air Permukaan terbagi 2 yaitu Air sungai dan Air rawa/danau

- Air Tanah yang terbagi menjadi 3 :

  • Air tanah dangkal

· Air tanah dalam

  • Mata air

Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Sedangkan yang dimaksud dengan air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah masak.

Syarat-syarat Air Minum

a. Syarat fisik

- Air tidak boleh berwarna

- Air tak boleh berasa

- Air tak boleh berbau

b. Syarat kimia

- Tidak boleh mengandung zat kimia, mengandung racun, zat-zat mineral dalam jumlah yang melampaui batas yang telah ditentukan.

- Air minum harus pH netral (pH netral=7).10)

c. Syarat bakteriologi

- Air minum tidak boleh mengandung bakteri Escherichia coli melebihi batas-batas yang telah ditentukan yaitu: 1 coli/100ml.

- Air yang mengandung golongan Escherichia coli dianggap telah terkontaminasi dengan kotoran.

- Tidak boleh mengandung zat mineral yang membahayakan manusia.

- Tidak boleh mengandung zat organik.

Majunya teknologi membuat kita tak usah repot-repot lagi mengolah air baku alias air mentah menjadi air minum. Sekarang telah ada Air Minum Dalam Kemasan dan Air Minum Isi Ulang. Kita langsung dapat mengkonsumsi air tersebut.

So Sekian dulu sekilas tentang air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang MAU Komentar monggo silahkan....